Manokwari. Dalam rangka memperluas jaringan dan memperkenalkan KAMMI pada lembaga di Manokwari, kader KAMMI Komisaroat Manokwari melakukan kunjungan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari di Jln. Merdeka, Manokwari, Papua Barat, Senin (03/09/2018).

Ketua Bidang Kebijakan Publik, Suhastina Semi mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan saran dari salah seorang senior KAMMI, dimana di tahun depan, 2019, Indonesia akan menghadapi pemilu serentak di seluruh daerah. Untuk itu, akan lebih baik jika KAMMI melakukan diskusi dengan pihak KPU membahas terkait hal tersebut.

Kedatangan KAMMI sangat disambut dengan sangat baik oleh pihak KPU, dalam hal ini Bapak Abdul Muin Salewe S.Hut, selaku ketua KPU Kabupaten Manokwari.

“Untuk memilih calon, sebaiknya kawan-kawan mahasiswa tidak hanya melihat siapa calonnya, tapi lebih ke Program Kerja apa yang di tawarkan.” Papar beliau di awal diskusi.

Ketua KPU mengatakan bahwasanya beliau juga kenal dengan Oragnisasi KAMMI, dimana KAMMI termasuk salah satu organisasi mahasiswa yang cukup besar di Indonesia. Menyarankan kepada kami agar KAMMI Manokwari tidak hanya memperlihatkan by case saja, tapi perlu ada tindakan terhadap hal-hal kecil yang terjadi di Manokwari dan setelah itu dapat di diskusikan pada lembaga tingkat kabupaten, regional, maupun daerah.

Selain itu, beliau juga tidak lupa menjelaskan mekanisme terkait bagaimana Mahasiswa yang ada di Manokwari bisa menyuarakan hak suaranya pada pemilu di tahun 2019 nanti.

“Sesuai dengan regulasi terbaru yang telah ditetapkan, bagi mahasiswa yang blm terdaftar di TPS, silahkan membawa E-KTPnya dan kemudian untuk mendatangi TPS terdekat diatas jam 12 siang dengan syarat bahwa masih ada surat suara yang tersisa. Hal ini dikarenakan pemilih tetap disetiap TPS sudah di tetapkan sebelumnya. Nah, untuk kemudian mereka akan didata dan secara otomatis akan menjadi pemilih terdaftar di pemilu selanjutnya. ” Ungkap Pak Muin

Beliau juga menegaskan bahwa dalam waktu dekat ini, KPU akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait tahapan-tahapan pemilu, baik bagaimana cara menjadi pemilih yang cerdas, maupun ajakan agar masyarakat mau menyuarakan hak suaranya saat pemilu nanti.

“Kami juga akan mengajak kawan-kawan Mahasiswa untuk di rekrut dan menjadi ujung tombak bagi kaum-kaum marjinal dengan mengajak ke TPS pada April 2019 nanti.” Pungkasnya.

Berita Kammi

Tulisan Kader

Bersama KAMMI Jayakan Negeri

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia memberikan kesempatan kepada anak anak muda untuk bergabung bersama KAMMI